Kebahagiaan Tanpa Harta

Sobat mata kalong yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi curahan hati yang saya alami dan juga saya ambil dari beberapa pengalaman orang-orang yang ada di sekitar saya. Agar lebih enak dibaca nya mungkin curhat penulis kali ini akan saya beri judul Kebahagiaan Tanpa Harta.

Kebahagiaan Tanpa Harta

Masa sih tanpa harta kita bisa bahagia ? Di zaman modern seperti ini mungkin tidak mungkin segala macam bentuk yang bisa mendatangkan kebahagiaan akan dikaitkan dengan harta itu sudah pasti dan banyak orang yang mengatakan hidup itu perlu harta tanpa harta gak mungkin lu bisa hidup bahagia, yes, anggapan orang itu memang benar jika kita kaitkan dengan kehidupan yang semakin maju ini.

Bahkan tak sedikit orang juga mengatakan bisa bikin pusing kepala jika tidak punya harta (uang). Benar atau tidak anda yang baca juga pasti pernah merasakan hal seperti itu dan juga pernah mendengar keluh kesah orang jika tidak punya uang. Curhatan kali ini mungkin agak sedikit menyinggung perasaan anda sebagai pembaca, saya akan katakan kepada kalian bahwa segala macam kebahagiaan itu tak mesti harus dengan harta, karena ini sudah saya buktikan dan juga sudah dibuktikan oleh orang sekitar saya, bahkan anda sendiri juga pernah membuktikannya sendiri.

Ceritanya waktu itu saya berjalan di dalam sebuah gang, saat itu saya melihat tiga orang anak kecil yang sedang bermain dengan mainannya masing-masing anak pertama sedang asyik mainan robot-robotan, anak kedua sedang main mobil-mobilan dan anak yang ketiga hanya duduk tersenyum melihat kedua temannya sedang asik bermain, jika anda melihat seperti itu apa yang akan anda bayangkan ?. Pastinya sedih melihat anak yang ketiga itu hanya bisa melihat temannya sedang bermain dengan mainannya.

Dan mungkin jawaban itu hampir semua orang menjawab dengan jawaban yang sama, tapi kalau kita berfikir lagi dengan apa yang kita lihat seperti tadi, saya dapat menyimpulkan bahwa kebahagiaan tidak harus dengan harta benda yang kita miliki, karena si anak yang ketiga itu merasa bahagia karena memiliki dua orang teman meskipun ia tidak memiliki mainan seperti kedua temannya itu.

Dari hal sekecil itu saja kita bisa melihat pelajaran yang sangat berharga jika kita selalu berfikir positif dengan apa yang kita temukan itu. Dan saya berani jamin hidup anda akan selalu merasa bahagia meski cobaan sedang melanda kita. Jika anda sudah melihat kejadian seperti itu saja bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga apakah anda masih ingin beranggapan bahwa kebahagiaan itu datangnya dari harta (uang, benda) yang kita miliki.

Lalu satu hal lagi yang membuat saya yakin akan kebahagiaan tanpa harta berasal dari keadaan sekitar kehidupan saya. Tempat tinggal saya memang bukanlah golongan kelas atas melainkan dari golongan menengah kebawah, jadi saya sering kali menemukan hal-hal yang dianggap suatu kekurangan. Waktu itu ada seseorang yang dia itu hidupnya bisa dikatakan tidak tercukupi, maaf jika dikatakan pakai bahasa kasarnya buat makan saja susah.
Baca Juga : Hujan Bukan Penghalang Mencari Rezeki
Istrinya sedang hamil tua dan sudah siap untuk melahirkan, dia cerita kepada saya tidak ada biaya untuk persiapan istrinya melahirkan dan bingung harus cari uang kemana lagi, dan dia juga sempat beranggapan bahwa kehidupan yang diberikan tuhan sungguh tidak adil, namun dibalik itu semua dia mulai tersenyum bahagia ketika istrinya berhasil melahirkan anaknya dengan keadaan normal dan dia pun jadi merasa bahagia sungguh-sungguh bahagia.

Dari situ saya mendapat pelajaran lagi, bahwa kebahagiaan itu tidak datang dari harta benda. Dan yang lebih menyetuh hati nurani saya adalah dia tak henti-henti berdoa dan beribadah agar anak dan istrinya bisa dibawa pulang, karena seusai melahirkan anak dan istrinya tidak diizinkan pulang karena belum menyelesaikan tunggakan administrasinya. Sampai seketika itu dia tidak sengaja bertemu dengan seorang dermawan yang memang sedang mencari orang yang sedang kesusahan untuk dibantu, akhirnya anak dan istrinya dibolehkan untuk dibawa pulang.

Dari cerita diatas saya menyimpulkan kebahagiaan bisa datang dari mana saja dan bukanlah dari harta yang di anggap orang adalah paling penting, serta berusaha dan berdoa adalah langkah terbaik untuk menjalani kehidupan ini. Selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki saat ini dan jangan pernah berfikir harta adalah yang paling penting untuk mendapatkan kebahagiaan, ingat dan camkan itu. Jika anda hidup dengan rasa bersyukur insya allah kebahagiaan akan selalu ada untuk anda.

0 Response to "Kebahagiaan Tanpa Harta"

Post a Comment