Cara Saya Merawat Ikan Cupang Hias Kesayangan

Ceritanya waktu itu saya sedang ikut ronda malam hari di sekitar kampung halaman saya, saat berjaga-jaga dan bersantai di pos ronda terjadi perbincangan yang sangat seru yang membahas tentang ikan cupang hias. Awalnya pada tidak percaya kalau harga cupang hias sudah semakin mahal sesuai dengan jenisnya. Ya, maklumlah dahulu kita hanya mengetahui kalau ikan cupang hanya sebagai ikan aduan saja dan tidak akan pernah menyangka kalau ternyata memiliki harga yang cukup fantastis. Dari perbincangan itu akhirnya saya memutuskan untuk memelihara ikan cupang.

Cara Saya Merawat Ikan Cupang Hias Kesayangan

Dari rasa penasaran sehingga saya mencoba untuk memelihara ikan cupang hias, awalnya saya cuma beli yang murah saja di dekat rumah saya yang harganya hanya sekitar Rp.7500 tapi karena saya belum punya tempatnya jadi saya beli aquariumnya dahulu di online dan harganya juga terjangkau sekitar Rp. Tapi karena pesanan saya membutuhkan waktu sekitar 2 hari, akhirnya ikan cupang hias saya masih berada di dalam botol bekas rootbeer kan bentuknya cakep tuh tapi kata orang-orang kasian tempatnya kekecilan. 2 hari berlalu akhirnya aquarium pesanan saya sudah sampai.

Disini perlu kalian ingat dan baca dengan benar cara perawatan aquarium ikan cupang versi saya admin matakalong.com

Pertama datang aquarium cuci dengan bersih dan gunakan air hangat untuk mencucinya.

Bilas sampai bersih, jangan menggunakan sabun. Agar tidak berbau sabun karena bisa menyebabkan ikan stres dan menyebabkan kematian.

Setelah dirasa bersih, lalu jangan di lap, tapi jemur dibawah terik matahari hingga tidak ada air yang tersisa.

Persiapan pembersihan aquarium sudah selesai, langkah selanjutnya isi air bersih tapi jangan sampai penuh dan diamkan kurang lebih 1 hari, lebih lama lebih bagus.

Selanjutnya, pindahkan ikan cupang hias yang ada di dalam botol tersebut ke aquarium yang airnya sudah kita siapkan lebih dari satu hari tersebut.

Caranya tuangkan ikan bersamaan dengan air yang ada di dalam botol, langkah lebih baik buang sedikit air yang ada di dalam botol agar saat dituangkan bisa langsung pindah ke aquarium.

Jangan pernah pindahkan ikan menggunakan tangan atau jaring, karena itu bisa membuat ikan cupang hias menjadi stres.

Itulah cara memindahkan ikan cupang hias ke aquarium versi saya, dan berikut ini akan saya berikan cara merawat ikan cupang hias.

Berikut ini cara perawatannya, jika masih terbilang muda kasih makan dengan kutu air atau jentik nyamuk yang biasa kita kenal dengan encu.

Jika sudah agak besar bisa dikasih makan menggunakan cacing rambut yang alus.

Membersihkan air aquarium, cara yang paling penting dalam membersihkan aquarium ikan cupang hias yaitu.

Bersihkan kotoran yang ada di dalam aquarium terlebih dahulu menggunakan saringan kecil dan jangan sampai menyentuh ikannya.

Buang sedikit air yang ada di dalam aquarium tapi jangan sampai semuanya terbuang.

Sebaiknya sebelum mengganti air aquarium siapkan air yang sudah didiamkan selama satu hari atau lebih. Setelah air yang sudah disiapkan selama satu hari itu maka tuangkan airnya langsung ke aquarium tempat ikan cupang anda.

Sebenarnya sih masih banyak cara merawat ikan cupang tapi itulah yang menurut saya terbaik dan yang saya lakukan itu. Dan lakukanlah secara rutin saya jamin ikan peliharaan anda akan awet dan bertahan hidup lebih lama. Jika dirasa ini bermanfaat silahkan ikuti dan jika merasa kurang lengkap bisa diubek di blog ini atau bersemedi ke mbah google, terima kasih.

0 Response to "Cara Saya Merawat Ikan Cupang Hias Kesayangan"

Post a Comment