Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper

Kamu ingin memiliki usaha tapi bingung tidak punya toko ? Jangan khawatir, karena di jaman modern seperti ini semua dapat dilakukan secara online jadi anda dapat menjalankan usaha anda melalui online tanpa harus memikirkan toko nyata.

Untuk berjualan online banyak sekali cara yang dapat anda lakukan salah satunya yaitu dengan menjadi dropshipper.

Apa itu dropship ?

Ini adalah salah satu sistem jual beli yang dimana anda tidak perlu memiliki produk atau barang akan tetapi anda dapat menjualnya.

Lho gimana ceritanya, gak punya barang atau produk kok bisa jualan.

Ini yang masih belum orang tahu, anda tetap bisa berjualan tanpa harus menyetok barang atau produk terlebih dahulu.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper

Biasanya pelaku bisnis seperti ini dilakukan oleh orang yang memiliki keterbatasan dalam modal.

Ingat, bukan berarti anda tidak memerlukan modal untuk menjadi dropshiper.

Anda tetap memerlukan modal tapi tidak terlalu banyak mengeluarkan modal.

Apakah kalian semakin penasaran ? Jika iya, maka anda harus baca ini sampai selesai dan jangan sampai ada yang terlewat.

Dropship dapat kita lakukan melalui ecommerce seperti tokopedia, bukalapak dan shopee.

Untuk artikel kali ini saya tidak akan membahas dropship menggunakan ecommerce. Melainkan adalah cara dasarnya lebih dahulu agar anda bisa mendapatkan banyak untung.

Tapi khusus ecommerce telah saya sediakan di artikel saya yang lainnya yang bisa anda baca.

  • Cara Dropship Di aplikasi Tokopedia
  • Cara Dropship Menggunakan aplikasi bukalapak
  • Cara Dropship Di Aplikasi Shopee

Semua telah saya jelaskan lebih rinci agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Berikut ini cara paling dasar menjadi dropshipper agar mendapatkan untung.

Pertama anda siapkan modal, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Jika anda mau menggunakan sistem dropship anda tidak perlu modal yang terlalu banyak.

Lalu apa saja yang diperlukan untuk bisa menjalankan usaha dropship ini ?

  • Anda hanya perlu koneksi internet
  • Uang yang sedikit
  • Dan keahlian

Kenapa kita perlu koneksi internet ? Karena kita akan menjalankan bisnis dropship ini melalui online dan penjualan melalui online saat ini sedang mengalami kenaikan yang cukup bagus untuk anda selaku pebisnis dropship.

Internet juga bisa kita gunakan dalam melakukan promosi barang atau produk yang akan kita jual, serta untuk mencari reseller atau orang yang mau menerima kita sebagai droshippernya.

Kita hanya perlu modal yang sedikit, karena kita tidak perlu menyetok barang atau produk jadi kita bisa lebih menghemat pengeluaran serta tidak perlu khawatir akan barang dagangan kita tidak laku.

Berapa biasanya modal yang diperlukan untuk bisnis dropship ini ?

Tidak banyak, dengan uang Rp.200.000 saja anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Akan tetapi jika anda ingin menjual seperti elektronik, gadget tetap memerlukan modal yang lebih banyak.

Biasanya pelaku bisnis dropship ini tidak main ke kategori yang berat seperti elektronik maupun gadget melainkan seperti fashion atau makanan.

Jadi pastikan anda tetap fokus ke salah satu kategori saja. Misal anda mau jualan baju wanita, dan anda harus fokus ke penjualan baju wanita agar anda bisa mendapatkan untung dan pekerjaan anda tidak terbelengkalai.

Jual Baju Wanita ini salah satu dropship yang sangat menguntungkan dan tidak memerlukan modal yang besar.

Kita perlu keahlian, keahlian memiliki arti yang sangat luas dan tidak tertuju pada satu titik saja. Akan tetapi ada keahlian yang paling penting untuk anda miliki yaitu.

  • Mau belajar
  • Cari Penjual yang Tepat
  • Memanage laba dan rugi
  • Mempromosikan jualan

Ini adalah ilmu dasar yang paling dasar yaitu mau belajar, dengan memegang teguh prinsip ini saya jamin anda akan bisa melakukan apa saja bahkan diluar bisnis sekalipun. Jadi jangan pernah malas untuk belajar dan jangan malu juga bertanya kepada orang lain meski dia usianya jauh dibawah kita.

Oke kita skip aja yang ini, karena saya yakin anda sudah paham akan hal itu.

Mencari Penjual yang Tepat sangatlah penting karena salah-salah anda yang akan rugi bahkan bisa kehilangan customer anda.

Lalu bagaimana cara mencarinya ?

Jika anda menggunakan google, anda bisa mencarinya di kotak search dengan mengetikan "dropship+baju+wanita" nanti disana anda akan ditampilkan sejumlah toko online yang menawarkan kerjasama dropship.

Apakah dengan begitu saya bisa langsung berjualan ?

Tidak, karena anda perlu mengetahui asal usul toko tersebut apakah terpercaya atau tidak.

Caranya cukup mudah, anda coba kontak si toko tersebut dan tanyakan apakah benar mereka menerima kerjasama dropship. Usahakan jalin komunikasi dengan baik.

Jika anda menghubungi si toko tersebut tapi lama dalam merespon anda, bisa jadi ini Tidak Bagus untuk anda jadikan partner anda. Sebaliknya, jika mereka lebih cepat merespon anda ini bisa anda jadikan partner anda.

Tapi jangan langsung percaya begitu saja. Setelah anda menjalin komunikasi dengan baik, ada baiknya anda coba membeli produk yang mereka jual dengan sebagai dropship.

Caranya juga mudah, anda beli ke toko tersebut lalu kirimnya ke alamat tetangga anda (kalau bisa samping rumah anda) gunakan nama tetangga anda tapi sebelumnya anda konfirmasi dulu ke tetangga anda, dan lihat seberapa cepat si toko tersebut mengirimkan nomor resi ke anda setelah anda melakukan pembayaran.

Jika si toko mengirim resi ke anda dengan cepat, berarti toko itu siap anda jadikan partner.

Tapi masih ada satu lagi yang perlu anda perhatikan. Lihat apakah mereka sudah mengirim menggunakan nama toko anda atau masih menggunakan nama toko penjual itu sendiri.

Jika sudah benar mengirimkan atas nama toko anda langsung saja jadikan toko tersebut sebagai partner bisnis dropship anda.

Mengatur Laba(keuntungan) dan Rugi ini sangatlah penting anda lakukan. Untuk mendapatkan keuntungan anda bisa menaikkan harga dari toko tersebut ke calon pembeli anda.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper

Misalnya harga dari toko tersebut Rp.10.000 maka anda harus menjualnya lebih dari itu misalnya menjadi Rp.12.000

Jangan terlalu tinggi mencari keuntungan sebab bisa jadi yang menjadi saingan anda adalah si toko dropship itu sendiri.

Dan logikanya gini, masa iya anda tidak punya produk tapi mau dapat untung besar.

Lalu gimana mendapatkan untung yang banyak ?

Anda bermain di Quantity yang artinya anda harus menjual lebih banyak produk atau barang meski untung yang didapat sedikit dari satu barang yang anda jual.

Karena semakin banyak orang yang membeli maka anda juga akan mendapatkan keuntungan yang banyak pula.

Target pasar kita indonesia, kalian tahu sendiri orang indonesia rata-rata akan mencari produk atau barang yang lebih murah meski hanya beda Rp.500 sekalipun.

Setelah kita bahas untung, kita juga wajib menerima yang namanya kerugian, kan kita jualan maunya dapat untung, masa sih harus rugi juga.

Ini kita bahas karena sebagai antisipasi saja, karena kita tahu roda itu berputar jadi jangan takut untuk menghadapi rugi. Untuk masalah Rugi biasanya ini terjadi ketika si toko yang kita jadi partner mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan minat si pembeli, seperti cacat sedikit padahal dimata kita itu tidak masalah tapi beda dengan pandangan si pembeli, warna tidak sesuai dengan keingingan si pembeli dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun si toko tersebut menerima retur atau pengembalian barang akan tetapi kita yang akan mengalami kerugian karena kita yang akan menanggung ongkos kirimnya.

Kenapa begitu ? Biasanya si pembeli akan mengembalikan barang ke alamat toko anda meski si pembeli yang menanggung ongkos kirimnya. Kan gak mungkin anda membocorkan toko partner anda ke si pembeli, bisa jadi malah si pembeli beralih ke toko tersebut dan tidak mau membeli ke anda lagi.

Dan disinilah kita akan mengalami rugi, setelah barang kita terima mau tidak mau kita mengirimnya lagi ke partner kita dan itu memerlukan ongkos kirim.

Jadi seperti itu biasanya kita akan mengalami kerugian. Kan itu kesalahan dari si reseller kenapa kita yang harus nanggung ?

Logikanya seperti ini, anda enak tidak perlu menyetok barang dan anda sudah mendapatkan untung dari dia, masa iya dia mau nanggung kerugian. Tentu tidak mau, dan inilah salah satu resiko Menjadi dropshipper. Jika anda masih kekeh harus dia yang nanggung rugi, siap-siap aja anda yang bakalan kehilangan kerjasama dengan dia.

Promosikan Jualan Anda ini salah satu strategi yang sangat penting dalam meningkatkan keuntungan.

Media promosi saat ini sudah banyak, anda bisa mempromosikan dagangan anda melalui media sosial, ads network, dan masih banyak lainnya.

Cara yang paling mudah dan gratis adalah dengan memanfaatkan media sosial. Melihat statistik yang ada, media sosial adalah tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang dalam aktivias sehari-hari. Jadi ini salah satu peluang anda untuk mencari calon pembeli.

Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper

Buatlah akun sosial media yang baru, akun yang benar-benar khusus menampilkan dagangan anda. Jangan gunakan akun pribadi untuk melakukan promosi jualan anda di sosial media anda.

Alasan kenapa saya tidak izinkan itu ?

Karena akun anda sudah pasti isinya hanya teman-teman anda, dan teman anda akan merasa tidak nyaman jika anda menampilkan jualan terus menerus pada akun sosmed anda.

Perlu anda ketahui, sistem yang ada pada platform sosial media akan melacak dan menandai akun anda sebagai spam.

Lagian juga, masa iya anda mau jualan hanya ke teman anda saja ? Tentu tidak kan, pastinya anda menginginkan dagangan anda banyak yang membeli.

Saran saya gunakan akun sosial media khusus dan jangan gabungkan dengan akun pribadi anda.

Saya berani jamin penjualan anda akan meningkat dan orang yang melihat akun anda akan semakin terpercaya karena terlihat lebih profesional.

Terus lakukan promosi agar anda bisa mendapatkan untung yang banyak dari bisnis dropship ini.

Untuk Ads Network akan memerlukan banyak kata jika saya gabungkan di artikel ini jadi sengaja saya pisahkan agar fikiran anda tetap fokus dan anda bisa membacanya Disini.

Akan saya berikan sedikit penjelasan tentang ads network yaitu iklan berbayar. Jadi anda bisa melakukan promosi dengan mengeluarkan biaya melalui ads network.

Sudah terlalu panjang juga saya menjelaskan cara menjadi dropshipper agar dapat untung banyak, bisa jadi anda malah pusing. Untuk itu saya akhiri tulisan saya sampai disini dulu. Dan saya berharap ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper"

Post a Comment