Inilah Alasan Kenapa Channel Youtube Ditolak Monetisasi

Halo sobat matakalong pastinya kalian dalam keadaan yang baik, tapi galau karena ingin mendapatkan penghasilan di internet melalui channel youtube tapi gagal terus. Jika anda berkunjung ke sini artinya anda salah satu orang yang beruntung karena saya akan memberikan rahasia kegagalan monetize channel youtube yang sudah memenuhi persyaratannya.

Saya sendiri dahulunya adalah seorang youtuber abal-abal hehe. Sejak tahun 2011 yang lalu saya telah membuat channel youtube dan di jaman itu memonetisasi channel youtube itu sangat mudah sekali, kita hanya mengupload satu video saja sudah dapat menguangkan video yang kita upload. Tapi di saat ini youtube telah melakukan banyak perubahan yang membuat para youtuber semakin sulit untuk mendapatkan uang dari channelnya karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut.

  • Channel harus memiliki 1000 subscribe
  • Jumlah tayangan harus 4000 jam dalam waktu minimal satu tahun.
  • Video harus Original
  • Tidak melanggar Hak Cipta
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi menurut saya persyaratan di ataslah yang sangat mempengaruhi channel anda di approve atau tidak untuk dimonetise. Jadi saya akan bongkar rahasia ke empat persyaratan di atas agar kalian bisa memahami kesalahan yang tidak anda sadari yang menyebabkan channel anda gagal monetize.

Inilah Alasan Kenapa Channel Youtube Ditolak Monetisasi

Yang pertama harus punya 1000 Subscribe, itu memang mutlak sekali peraturan baru tersebut dan jika kurang dari 1000 maka channel akan gagal untuk di monetise. Lalu kenapa channel saya masih saja ditolak padahal subscribe saya sudah mencapai lebih dari 1000 subscriber ?

Salah satunya adalah anda pernah melakukan cara saling tukar subscribe. Meski hanya satu dua tiga kali saja anda akan tetap terdeteksi melakukan kecurangan dalam mendapatkan subscriber.

Tapi teman saya pernah melakukan tukar subscribe dan dia masih bisa monetise channelnya.

Mungkin saat itu teman anda sedang dalam keadaan hoki dan sistem sedang tidak bekerja dengan baik sehingga channel teman anda tersebut lolos dalam review.

Pernah membeli subscriber agar dapat memnuhi persyaratan monetise channel youtube.

Mungkin waktu itu anda pernah melakukan percobaan membeli subscriber dari salah satu jasa yang menawarkan jasa penambah subscribe.

Meskipun jasa tersebut mengatakan bahwa subscribe yang mereka tawarkan adalah real tapi apakah anda tahu dari mana asalanya subscriber itu ? tentu tidak akan anda ketahui dan mungkin itu bisa saja hanya sebuah robot.

Tapi memang ada beberapa penjual yang menjual subscribe yang memang benar itu adalah real dan bukan robot, akan tetapi youtube akan mencurigai aktivitas channel anda jika tayangan video anda hanya sedikit dan video anda juga hanya sedikit. Dari situ sistem yang bekerja pada mesin youtube juga akan mendeteksi channel anda telah melakukan kecurangan.

Jadi saran saya jangan pernah membeli subscriber meski hanya sedikit saja. Kalau memang anda tetap kekeuh mau membeli subscriber pastikan konten yang ada pada channel anda juga berkualitas.

Dan saya yakin jika anda murni mendapatkan 1000 subscribe pastinya channel youtube anda tidak akan mendapatkan masalah dalam persetujuan monetize.

Kedua, Jumlah tayangan harus 4000 jam dalam waktu satu tahun. Channel saya telah mendapatkan 4000 jam hanya dalam waktu 3 bulan saja tapi masih saja ditolak untuk di monetize.

Tayangan video anda memang telah memenuhi persyaratan tapi apakah anda menyadari bahwa channel anda mengalami penurunan setelah mencapai jumlah tayangan yang telah ditentukan ?

Pasti anda mengabaikan hal itu, youtube menginkan sebuah channel yang memiliki jumlah tayangan yang stabil. Biasanya anda yang telah berhasil mendapatkan 4000 jam tayangan hanya dalam waktu 3 bulan di bulan berikutnya mengalami penurunan yang membuat sistem mencurigai aktivitas channel anda. Itulah yang menyebabkan channel anda gagal monetize.

Biasanya anda untuk mendapatkan jumlah tayangan yang banyak anda melakukan hal seperti membagikan link video anda ke berbagai situs sosial media yang berlebihan. Yang di mana itu membuat akun anda telihat seperti melakukan spam. Itu juga yang membuat akun anda di tolak oleh adsense.

Jadi saran saya setelah anda upload video ke youtube biarkan saja dan jangan membagikan ke sosial media. Biarkan youtube sendiri yang mengindex video anda dan jika video anda berkualitas maka youtube tidak segan-segan menaikkan video anda. Dan bahkan bisa saja menjadi tranding.

Kenapa youtube sampai sebegitunya mempermasalahkan jumlah tayangan video anda ? Karena youtube ingin memberikan yang terbaik kepada sang pengiklan (advertiser).

Ke tiga dan Ke empat saya gabung saja, karena video original tentunya tidak akan melanggar hak cipta.

Video yang saya unggah selalu original tapi masih saja tidak mendapatkan persetujuan monetise ?

yakin original ? biasanya anda tanpa sadar memasukkan backsound yang ternyata justru membuat video anda terkena hak cipta.

Dalam dashboard channel anda memang tidak ada masalah tentang hak cipta dan video juga bisa tayang di youtube, tapi anda memasukkan sebuah lagu yang tidak ada hak ciptanya tapi lagu itu sangat familiar dan sering digunakan oleh youtuber lain. Dan inilah yang sering banget terjadi oleh para youtuber yang akhirnya membuat channel anda tidak mendapatkan persetujuan monetise.

Video sudah original tapi suara tidak karuan dan tidak jelas juga dapat menyebabkan channel anda di tolak.

Jadi anda harus benar-benar memperhatikan kualitas suara dari video anda. Jangan biarkan suara anda bentrok dengan suara backsound di video anda. Saya yakin channel anda akan diterima jika sudah membuat video yang original dengan suara yang jelas.

Jika anda membuat backsound dari lagu yang tidak terkena hak cipta tapi sang pemilik lagu menginkan anda menyematkan linknya dalam deskripsi anda maka teruhlah link pemilik lagu di deskripsi karena si dia bisa saja melakukan hal yang berdampak buruk terhadap channel anda dan bisa-bisa channel anda ditolak untuk di monetise. Biasanya anda selalu menyepelekan hal tersebut.

Video saya sudah original dengan suara yang jelas dan tidak terkena hak cipta tapi masih saja gagal untuk dimonetise itu kenapa ? anda biasanya menyelipkan beberapa potongan video dari orang lain dan itulah penyebab anda gagal monetise.

Dan anehnya, masih ada saja yang berkoar menyatakan bahwa video dia original tapi masih tidak di approve dan saya melihatnya ingin ketawa yang kenceng wkwkwk.

Apalagi nanti di tahun 2019 youtube menyatakan bahwa anda sebagai mitra tidak diperbolehkan menggunakan potongan video orang lain yang sudah di unggah di youtube walau hanya sedetik saja. informasi itu saya dapatkan dari forum dan komunitas youtube.

Jadi buatlah video yang original dengan karya anda sendiri. Jangan pernah melakukan reupload video orang lain apalagi sampai melanggar hak cipta. Saya yakin anda mampu menciptakan konten video yang bagus dan enak untuk di tonton oleh pengguna youtube dan teruslah berkarya.

Kita juga dapat mengambil contoh video yang diunggah oleh rahmawati kekeyi putri cantikka yang menggunakan konten tutorial make up yang videonya benar-benar original dan hanya dalam waktu yang singkat ia telah berhasil mendapatkan 200k lebih subscriber dan terus bertambah setiap harinya.

Dari situ kita dapat mengambil pelajaran bahwa youtube sangat senang dengan konten video yang original. Dan percayalah pada diri sendiri dan yakin bahwa anda bisa berkarya tanpa harus mengambil punya orang lain.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke matakalong.com dan semoga anda bisa mengatasi adsense youtube ditolak juga bisa menjadi solusi agar channel youtube anda bisa diterima oleh google adsense.

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Channel Youtube Ditolak Monetisasi"

Post a Comment