Cara Mengatur Ukuran Gambar Yang Seo Untuk Blog

Sebuah blog atau website akan lebih menarik jika tersedia beberapa gambar atau foto di dalam isi artikel. Dengan adanya gambar juga akan membuat pembaca tidak merasa jenuh dengan melihat banyaknya tulisan yang anda buat. Akan tetapi jika anda menampilkan gambar yang tidak sesuai dengan judul artikel anda, maka bisa membuat pembaca justru malah merasa aneh. Begitu juga dengan robot google yang tidak akan mau menampilkan artikel anda di halaman pertama google. Maka dari itu anda harus memperhatikan gambar yang akan anda gunakan di artikel anda.

Cara Mengatur Ukuran Gambar Yang Seo Untuk Blog

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengunggah gambar ke dalam blog atau website.

1. Format File (typefile)

Setiap gambar memiliki format tersendiri, tergantung dari jenis filenya. Beberapa format gambar yang umum anda temukan biasanya adalah .png .jpg .img .gif dan masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi type file yang paling bagus untuk anda gunakan di dalam sebuah artikel adalah gambar dengan format .jpg dan inilah yang mampu menunjang kekuatan SEO sebuah artikel pada blog atau website.

Dengan begitu bukan berarti anda tidak bisa menggunakan gambar dengan format yang lain. Anda masih tetap bisa menggunakan gambar dengan type file .png dan .gif ke dalam isi artikel anda, asalkan anda bisa menyesuaikan jenis konten yang anda buat.

2. Ukuran Gambar Harus Sesuai

Seorang blogger pemula biasanya tidak memperhatikan ukuran gambar yang mereka gunakan di dalam artikel. Seperti contoh, dia baru saja mendapatkan gambar yang bagus dari hasil jepretan kamera hp nya dan seakan tidak ingin melewatkan kesempatan itu dia langsung mengunggahnya ke dalam blognya. Padahal ukuran gambar yang dihasilkan dari kamera hp tidak sesuai jika diupload pada blog, karena hasil gambar dari kamera handphone biasanya memiliki ukuran gambar lebih besar dengan ukuran yang mencapai lebih dari 1000 pixel.

Dengan ukuran gambar lebih dari 1000 pixel memang tidak dianjurkan untuk sebuah blog atau website. Karena selain membuat loading blog yang semakin berat, juga membuat tampilan blog jadi seperti acak-acakan.

Maka dari itu anda harus memperhatikan ukuran gambar sebelum menaruhnya ke dalam konten blog anda.

Berikut ini adalah ukuran gambar yang direkomendasikan untuk blog atau website.

Sebelum lanjut mengatur ukuran gambar, ada baiknya anda perhatikan layout template yang anda pakai ada berapa kolom, karena sedikit banyaknya kolom pada template blog anda sangat mempengaruhi ukuran gambar yang akan digunakan.

Setelah mengetahui jumlah kolom yang anda gunakan pada template blog anda, kini saatnya anda harus mengetahui ukuran gambar yang direkomendasikan agar sesuai dengan blog anda.

Layout template dengan 1 kolom harus menggunakan ukuran gambar 700x300 pixel.

Layout template 2 kolom harus menggunakan ukuran gambar 600x320 pixel atau 600x400 pixel.

Layout template 3 kolom harus menggunakan ukuran gambar 320x250 pixel.

Jika anda tidak menyesuaikan ukuran gambar yang direkomendasikan sebenarnya tidak masalah apabila template yang anda gunakan bisa menyesuaikan ukuran gambar secara otomatis dengan tampilan blog anda.

Tapi, alangkah lebih baik jika anda menyesuaikan ukuran gambarnya terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke blog anda.

Jika anda tidak mengerti cara menyesuaikan ukurannya tidak usah khawatir karena anda bisa mencobanya dengan mengikuti tutorial cara edit gambar untuk blog.

3. Perhatikan Size File Gambar

Saya waktu baru-baru belajar membuat blog memang sangat tidak memperdulikan size file gambar yang saya upload ke dalam blog saya itu, yang saya tahu saat itu adalah menulis artikel dengan banyak kata lalu disematkan satu atau dua buah gambar di dalam artikel tersebut.

Banyak orang yang beranggapan tidak perlu memperhatikan ukuran file sebuah gambar untuk blog karena sebuah blog atau website dapat mengompres size file gambar secara otomatis.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu yang telah saya lewati akhirnya saya mendapatkan banyak pelajaran berharga dalam membangun sebuah blog sehingga membuat saya menjadi lebih paham betapa pentingnya size file gambar yang kita gunakan untuk melengkapi konten artikel pada blog.

Maka dari itu anda juga harus memperhatikan size file gambar yang sesuai untuk diupload agar peforma loading blog anda menjadi lebih cepat. Size file gambar yang direkomendasikan adalah 65 - 125 kb.

Jika ukuran file gambar yang ingin anda upload melebihi dari kapasitas yang direkomendasikan maka anda harus mengompresnya terlebih dahulu.

4. Rename File Gambar

Ini juga salah satu masalah yang sering diabaikan oleh seorang blogger pemula, bahkan saya juga waktu baru pertama kali membuat blog tidak memperhatikan hal itu. Tapi setelah saya belajar sedikit demi sedikit tentang cara optimasi SEO akhirnya saya mulai paham dan ternyata mengganti nama pada file gambar sangatlah penting.

Saat mengganti nama file gambar yang akan anda unggah di blog, usahakan menggantinya dengan nama yang sesuai dengan judul artikel anda.

Sebenarnya masih ada lagi trik yang paling ampuh saat rename file gambar agar menjadi lebih SEO Friendly, tapi saya tidak bisa berikan trik itu pada artikel ini karena saya bisa diamuk oleh orang yang bekerja sebagai penyedia jasa SEO.

Sementara itu anda masih tetap mendapatkan nilai SEO yang baik dengan me-rename file gambar anda sesuai dengan judul artikel yang anda buat.

Sampai di sini saya rasa semua sudah cukup untuk membuat gambar yang bagus untuk blog. Intinya anda harus memperhatikan 4 hal yang telah saya jelaskan di atas agar blog anda menjadi lebih bagus dan bisa mendapatkan peringkat pertama di halaman google.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel saya tentang cara membuat gambar yang bagus untuk blog dari awal sampai akhir.

0 Response to "Cara Mengatur Ukuran Gambar Yang Seo Untuk Blog"

Post a Comment