Cara Menulis Artikel Yang Benar Untuk Blog

Menulis sebuah artikel memang sedikit susah juga sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan ada sebagian orang yang mampu menulis artikel dengan benar dalam waktu yang singkat. Tapi, ada juga yang mengalami kesusahan dalam membuat tulisan untuk sebuah blog.

Cara Menulis Artikel Yang Benar Untuk Blog

Jika anda harus memilih, tipe yang manakah yang ingin anda miliki? Tentu anda ingin menjadi seorang penulis yang dapat membuat artikel dengan baik dan benar.

Akan tetapi semua itu tidaklah ssmudah membalikan telapak tangan. Kita perlu berusaha, mencoba dan mencoba lagi agar kita bisa menulis artikel dengan baik.

Biasanya ada beberapa masalah yang akan kita hadapi ketika ingin menulis artikel, dan kita harus bisa menyelesaikan masalah itu terlebih dahulu agar bisa menulis dengan baik dan tentunya bisa dinikmati oleh pembaca.

Masalah yang kita hadapi biasanya meliputi sebagai berikut.

- Rasa Malas Melanda.
- Kurangnya Informasi tentang sesuatu yang akan kita tulis.
- Suasana yang tidak nyaman.

Sedikit tips dari saya untuk mengatasi masalah tersebut agar bisa menulis artikel dengan baik.

Ketika rasa malas datang menghampiri saya biasanya saya akan langsung melihat ke tembok. Eits, tunggu dulu. Saya melihat ke tembok karena di sana saya tempelkan sebuah tulisan "Lawan Rasa Malasmu, Untuk Mencapai Impianmu".

Mungkin cara saya dengan menempelkan sebuah kata-kata penyemangat ini bisa anda coba untuk mengatasi rasa malas ketika ingin menulis artikel.

Ketika kita sudah bersemangat untuk menulis, tiba-tiba fikiran menjadi buntu karena informasi isi artikel yang kita mau tulis masih kurang. Ini juga akan menghambat kita untuk melanjutkan menulis, dan solusi yang terbaik ketika saya mengalami seperti itu adalah banyak membaca.

Jadi, saya akan berhenti menulis sejenak untuk membaca sekaligus menambah wawasan tentang apa yang akan kita isi untuk menulis artikel. Saran saya, jika anda punya waktu luang sebelum menulis ada baiknya anda perbanyak membaca.

Ketika semua persiapan kita untuk menulis sudah lengkap semua ternyata masih ada saja yang mengganggu kita yaitu suasana yang tidak nyaman. Memang kita perlu suasana yang nyaman agar pikiran kita juga bisa berkonsentrasi penuh dalam membuat tulisan.

Saya akan pergi ke tempat yang sepi atau ke taman terdekat dari rumah agar saya bisa konsentrasi untuk menulis. Tapi, Alhamdulillah saat ini saya bisa membuat sebuah ruangan sendiri untuk menjalankan aktivitas pekerjaan saya sebagai seorang blogger. Jadi, ini bisa menjadi solusi buat anda ketika mendapati suasana yang tidak nyaman saat sedang menulis.

Setelah semua masalah yang kita hadapi bisa terlewati kini saatnya anda membuat artikel dengan baik dan benar untuk blog anda.

Sebenarnya menulis artikel di blog tidaklah rumit, asalkan anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Buatlah judul yang mengundang pengunjung anda jadi penasaran ingin membacanya. Tapi, dibalik itu semua anda juga harus perhatikan keyword yang anda letakkan pada judul artikel agar selain membuat penasaran si pembaca, artikel kita juga bisa masuk ke halaman satu google.

Untuk pembuatan judul kita harus memasukkan keyword di awal kalimat agar SEO(Search Engine Optimation) artikel kita semakin kuat. Tapi, tidak semua keyword bagus untuk awal kalimat. Intinya anda harus bisa menyesuaikan kalimat agar enak dibaca untuk manusia ataupun robotnya google.

Mengisi kontennya kita harus menggunakan kalimat yang baik dan benar agar enak untuk dibaca oleh pengunjung blog kita. Biasanya ada orang yang mengatakan "anda harus menulis artikel dengan tulisan ejaan yang disempurnakan". Tapi, Untuk menulis artikel di sebuah blog anda tidak harus sepenuhnya menggunakan kata baku atau EYD. Jadi, sebisa mungkin kita harus bisa menyesuaikan tulisan dengan niche blog yang kita bangun.

Dalam satu paragraf anda tidak diharuskan menggunakan kata-kata yang banyak seperti mengerjakan tugas mengarang pelajaran Bahasa Indonesia. Anda bisa membuat satu paragraf dengan sedikit kata, asalkan isi dalam paragraf tersebut sudah lengkap penjelasannya.

Untuk lebih mudahnya, anda bisa mengambil contoh gaya tulisan yang saya pakai untuk menulis artikel ini.

Dalam penulisan artikel hendaknya anda membuat kurang lebih 300 kata atau lebih banyak lebih bagus. Tapi, jika anda menggunakan banyak kata sebaiknya jangan terlalu banyak kata yang diulang-ulang sebab itu akan menurunkan kualitas artikel anda di mata mesin pencari.

Sebaiknya artikel yang anda buat tidak terlalu sedikit kata dan tidak terlalu banyak kata. Akan tetapi buatlah artikel yang penjelasannya lengkap dan padat. Dengan begitu kualitas artikel anda akan menjadi yang terbaik untuk pembaca.

Agar pembaca semakin betah membaca tulisan anda, maka anda bisa menyisipkan beberapa gambar. Tapi, gambar yang anda gunakan juga harus sesuai tema yang anda buat.

Ketika menyisipkan gambar ke dalam artikel, anda juga bisa menaruh keyword pada gambar tersebut agar gambar yang anda gunakan bisa memperkuat SEO artikel anda.

Contoh gambar yang bisa meperkuat SEO adalah sebagai berikut.

File Name gambar tersebut disamakan dengan judul artikel anda.

Ukuran file tidak melebihi dari 500kb. (Tidak menjadi patokan harus segitu).

Setelah di upload isi Alt Text dengan judul atau dengan keyword yang anda gunakan untuk artikel tersebut.

Kini artikel kita sudah dilengkapi dengan gambar, sekarang saatnya kita menambahkan internal link yang kita sisipkan di dalam salah satu paragraf artikel kita.

Perlu anda ingat, usahakan internal link kita buat harus sesuai dengan artikel yang kita buat.

Setelah dirasa sudah cukup anda bisa langsung publish artikel anda. Tapi saran saya sebaiknya anda lihat atau pratinjau terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya.

Selesai.

Jadilah penulis yang jujur, tulislah artikel yang original dan jangan pernah lakukan copy paste tulisan orang lain.

0 Response to "Cara Menulis Artikel Yang Benar Untuk Blog"

Post a Comment