Cara Mengatasi PC Tidak Menyala Setelah Tambah RAM

Dalam kasus ini saya mengalami masalah matinya PC/Komputer setelah menambah RAM.

Cara Mengatasi PC Tidak Menyala Setelah Tambah RAM

Sebagai seorang manusia biasa yang ingin selalu merasa lebih juga turut saya rasakan, dalam hal ini saya merasa kurang puas dengan spek RAM komputer yang saya miliki dan ingin mengupgradenya menjadi lebih besar.

Pc/Komputer yang saya gunakan ini memang support untuk ditambahkan ukuran RAM-nya hingga 4GB. Sebelumnya saya hanya memakai satu keping ram yang berukuran 2GB, karena saya tahu motherboard yang saya punya ini mampu menampung ram hingga 4GB maka saya mencoba untuk menambahkan satu keping lagi Ram berukuran 2GB.

Sebelum memasang ram yang satunya lagi, komputer saya masih berjalan dengan normal tanpa ada masalah sedikit pun. Tapi setelah saya tambahkan satu keping lagi ternyata PC/Komputer saya tidak bisa menyala.

Awalnya saya merasa heran dan panik dengan kejadian tersebut, saya langsung pergi ke sebuah forum yang membahas tentang komputer dan beberapa situs yang membahas berita teknologi. Salah satu forum yang saya kunjungi saat itu adalah kaskus.co.id bukan mendapat solusi tapi yang saya temukan hanya berbagai spekulasi dari para member di sana.

Sebagian jawaban dari member di sana ada benarnya juga, tidak semuanya salah dan ngawur. Salah satu solusi yang masuk akal adalah harus menggunakan Ram dengan spesifikasi yang sama jika mau menggunakan 2 keping RAM.

Untungnya, saya membeli RAM dengan spesifikasi yang sama seperti yang saya punya sebelumnya. Jadi, saya tidak ada masalah pada hal ini, tapi kok komputer saya tetap tidak menyala.

Solusi yang pertama untuk mengatasi komputer yang tidak menyala setelah menambah ram adalah harus menggunakan ram dengan spesifikasi yang sama persis.

Contohnya: Ram DDR3 2 GB pc10600

Kedua keping ram harus sama seperti itu, jika berbeda merk sebenarnya tidak masalah.

Namun, jika pc/komputer anda masih belum bisa menyala juga seperti apa yang saya alami bisa anda baca beberapa solusi yang bisa anda coba sebagai berikut:

1. Bersihkan kuningan yang terdapat pada batang ram dengan menggunakan penghapus atau kertas. Pastikan juga slot ram yang terdapat pada mobo juga bersih dari debu.

2. Tes semua slot yang tersedia di mobo dengan menggunakan satu keping ram dahulu, ini berguna untuk memastikan bahwa slot untuk menaruh ram pada motherboard tidak ada masalah.

3. Cabut semua kabel yang ada di luar cpu seperti kabel VGA, kabel keyboard, kabel mouse sebelum menyalakan pc setelah di pasang dua keping ram. Jika sudah menyala dan terdengar beep, segera pasang kembali semua kabelnya.

4. Cek baterai cmos, apakah masih berfungsi normal atau tidak. Untuk mengurangi masalah, sebaiknya gunakan baterai cmos yang masih baru. Bagi sebagian orang tidak merasa ini adalah sebuah masalah ketika mengupgrade ram. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

5. Jika kondisi pc/komputer menyala tapi tidak mau masuk ke menu windows bisa anda atur melalui bios ram. Untuk hal ini memang agak sedikit rumit dan masalah yang dihadapi berbeda-beda. Jadi anda bisa mencari caranya di google sesuai dengan motherboard yang anda gunakan.

6. Coba gunakan PSU atau Power Supply dengan daya yang lebih tinggi dari yang anda punya sebelumnya. Ini sangat opsional sekali, karena agak sedikit rumit jika harus mengganti power supply.

Jika ini adalah masalah yang memang harus anda atasi, silahkan saja anda coba mengganti psu-nya.

7. Jika berbagai solusi telah anda coba untuk mengatasi masalah ini tapi tak kunjung berhasil, bisa anda cek kembali apakah mother board anda memang support untuk upgrade ram dengan spek yang anda inginkan.

Solusi yang terbaik adalah mengganti mother board dengan spek yang lebih canggih lagi. (Solusi terakhir cocoknya buat anak sultan hehe).

Catatan: kejadian seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja yang senang otak-atik komputer, baik pengguna ddr2, ddr3, ddr4, ddr5. Bahkan pengguna motherboard paling mahal sekalipun bisa juga mengalami masalah seperti ini.

Bahkan teman saya yang tadinya tidak ada masalah dengan pemasangan 2 slot RAM kini harus rela hanya bisa memasang 1 RAM saja.

Kesimpulan : masalah RAM ini tidak bisa didiagnosa secara pasti, tapi harus anda temukan sendiri masalahnya dengan mencoba beberapa solusi yang telah saya berikan di atas.

Jika kalian ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah RAM yang menyebabkan matinya komputer bisa share kepada saya melalui kolom komentar di bawah.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Next, jika ada informasi tambahan lagi tentang cara mengatasi matinya komputer karena upgrade ram maka saya akan update artikel ini.

Akhir kata saya ucapkan selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu anda.

0 Response to "Cara Mengatasi PC Tidak Menyala Setelah Tambah RAM"

Post a Comment