Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Awal mula saya berhasil membuat website pada saat pertama kali terjun ke dunia internet marketing adalah membuat website jenis blog.

Dari blog saya mulai menghasilkan uang dan dari blog saya bisa kenal dengan orang-orang hebat yang sudah berhasil di bisnis internet marketing.

Setelah bertambahnya pengalaman serta wawasan tentang bisnis yang ada di internet, maka saya buatlah website untuk bisnis yang saya kelola.

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Saya membuat website bisnis menggunakan platform wordpress, menurut saya ini adalah CMS yang paling mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

Tapi, jangan anda remehkan juga cms yang satu ini. Beberapa website bisnis yang saya buat menggunakan wordpress juga telah membawa saya dalam keberhasilan menjalankan bisnis.

Apa iya bisa berhasil di bisnis online hanya dengan modal website berbasis wordpress?

Sangat bisa, asalkan anda tahu 3 hal penting yang harus ada dalam membuat website bisnis.

3 hal penting ini adalah infrastruktur website, traffic pengunjung, Landing Page.

Itulah yang harus ada pada website bisnis yang akan anda buat. Segala informasi tentang ketiga hal penting yang saya sebutkan tadi telah dibahas dan dibuktikan oleh banyak pakar, salah satunya adalah karinov.

Sekarang kita masuk kepembahasan pembuatan website bisnis menggunakan wordpress.

1. Sewa Hosting dan Domain

Di atas telah saya sebutkan hal penting yang harus ada di website bisnis yaitu infrastruktur website.

Di dalam infrastruktur website ini mencakup berbagai macam yang ada di website, mulai dari server hosting, nama domain, tampilan (theme), kecepatan website, struktur url, dan navigasi.

Sekarang yang harus kita perhatikan pertama kali saat ingin membuat website adalah hosting dan domain.

Silakan anda sewa hosting yang menjamin kecepatan server yang upto 99% dan menyediakan server di lokasi yang terdekat dengan target pengunjung web anda.

Saya contohkan seperti ini, target pengunjung web anda adalah orang indonesia, maka server yang anda gunakan pada hosting anda paling tidak adalah server singapore.

Sedangkan untuk kecepatan server, gunakan server yang berani menjamin uptime-nya mencapai lebih dari 99%. Biasanya perusahaan penyedia layanan hosting menampilkan detail uptime di halaman depan situsnya, jadi anda bisa melihatnya lebih dulu sebelum menyewa server hosting.

Untuk tempat sewa hosting, anda bisa pilih perusahaan lokal maupun luar negeri. Kalau perusahaan hosting dalam negeri biasanya saya pakai niagahoster, jagoanhosting, idcloudhost, dan rumahweb. Sedangkan perusahaan hosting luar negeri saya biasa memakai hawkhost, digital ocean, dan siteground.

Semua terserah anda mau pakai lokal atau luar negeri, yang penting punya jaminan uptime di atas 99% dan server tidak terlalu sering down.

Setelah menemukan hosting yang cocok, sekarang kita lanjut memilih nama domain.

Nama domain yang bagus untuk web bisnis adalah tidak lebih dari 3 kata, mudah diingat dan diucapkan.

Penjelasan pemilihan domain yang tepat untuk web bisnis telah saya bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul pentingnya domain untuk website bisnis. Silakan anda baca dahulu agar tidak salah langkah dalam memilih nama domain.

2. Instal Wordpress Di Hosting

Setelah hosting dan domain anda telah terhubung dan bisa diakses, sekarang saatnya anda masuk ke panel hosting dan instal wordpress.

Karena tutorial ini ditujukan untuk pemula, dan biasanya pemula memakai shared hosting, maka anda bisa masuk ke panel hosting dengan mengunjungi link domainanda.com/cpanel

Untuk login ke cpanel, anda bisa lihat informasi akun dan password panel hosting yang sudah dikirimkan ke email anda.

Setelah itu gunakan fitur yang diberikan oleh penyedia hosting yaitu one click to instal (satu klik langsung instal).

Silakan anda cari wordpress di dalam panel hosting anda, lalu instal.

Proses instalnya seperti ini

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Setelah itu isi detail website anda, mulai dari protocol, nama domain, dan directory.

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Jika penyedia hosting yang anda sewa memberikan SSL gratis, maka anda bisa gunakan protocol https.

Untuk fungsi dan kegunaan protocol https sangat penting buat website bisnis. Silakan anda baca selengkapnya di artikel cara membuat https di wordpress.

Lanjut ke tahap berikutnya, isi nama blog dan deskripsi blog. Isi deskripsi dengan kata-kata yang mencerminkan bisnis yang anda tawarkan.

Sekarang isi admin account, silakan anda isi username dan password untuk login ke dasboard wordpress nanti.

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Jika anda tertarik menggunakan theme yang disediakan pada proses instalasi, silakan anda pilih salah satu theme yang anda suka.

Tapi...

Karena di sini kita fokus untuk membangun website bisnis, jadi kita sementara waktu gunakan theme default saja dahulu.

Setelah semuanya sudah anda isi dengan benar, sekarang anda klik instal dan tunggu hingga proses instal wordpress selesai.

Catatan: proses pembuatan website bisnis ini hampir sama seperti membuat website dengan wordpress pada umumnya.

Silakan coba akses url atau domain yang anda instal wordpress tadi. Jika sudah berhasil, kita lanjut mengelola wordpress melalui dashboard wordpress dengan mengunjungi link domainanda.com/wp-admin lalu login menggunakan akun yang sudah anda buat tadi.

3. Gunakan Theme Landing Page

Pada pemabahasan ini kita langsung menerapkan 2 point penting yang harus ada di website bisnis yaitu theme dan landing page.

Di dashboard wordpress kita ubah theme kita menggunakan theme yang bergenre landing page.

Ada banyak sekali theme wordpress landing page yang bisa anda gunakan secara gratis, tinggal anda pilih saja sesuai dengan jenis bisnis anda.

Untuk penerapannya bisa anda sesuaikan sendiri di bagian appearance > theme > Costumize.

Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress

Pastikan theme yang anda gunakan responsive dan mobile friendly. Jangan sampe calon klien anda kabur cuma gara-gara tampilan website yang tidak bagus dan loading yang lama saat diakses.

Itulah sebabnya kenapa theme menjadi hal terpenting dalam membuat website bisnis.

4. Buat Landing Page

Setelah urusan tampilan website sudah selesai, maka kita perlu membuat landing page.

Ini sangat penting karena ketika pengunjung datang bisa langsung melihat produk/barang/jasa yang anda tawarkan.

Membuat halaman landing juga tidak boleh sembarangan dan jangan sampai salah.

Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui untuk membuat landing page. Jika saya bahas di sini artikel ini akan sangat panjang dan bisa membuat anda jenuh, maka dari itu saya telah menyiapkan artikel khusus tentang pentingnya landing page yang bisa anda baca dan ikuti langkah-langkahnya.

Setelah keempat tahapan ini sudah bisa anda praktikkan, maka saya ucapkan selamat kepada anda telah berhasil membuat website bisnis menggunakan wordpress.

Apabila masih ada tahapan yang membuat anda bingung dalam membuat website bisnis, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Saya mohon maaf jika dalam tutorial yang saya tulis ini masih ada kekurangan, atau anda punya tanggapan lain seputar pembuatan website bisnis, mari kita diskusikan bersama.

Akhir kata saya ucapkan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Wordpress"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel