Tips Belanja Online : Jangan Percaya Followers Banyak Lihatlah Reviewnya

Marketplace di indonesia semakin banyak dan semakin memudahkan kita untuk berbelanja online. Menurut data yang saya temukan, marketplace seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak setiap harinya selalu bertambah penjualnya.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai seorang pembeli menentukan toko mana yang layak untuk kita melakukan pembelian ?

Simak artikel ini sampai selesai, untuk menemukan jawabannya.

Tips Belanja Online

Anda merupakan salah satu orang dari jutaan manusia yang senang belanja online, tapi apa jadinya jika anda terkena tipu oleh penjual di marketplace, pastinya anda akan merasa sangat jengkel, kesel, dan malas untuk belanja online lagi.

Sebelum kejadian ini menimpa diri anda sebaiknya anda simak beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum belanja online.

1. Jangan Lihat Followers Banyak

Saat ini hampir semua marketplace menyediakan fitur follow toko penjual. Tujuan adanya fitur ini sebenarnya untuk memberi tahu anda bahwa ada produk yang baru saja dijual oleh lapak atau toko yang anda follow.

Namun, sebagian orang masih beranggapan bahwa dengan banyaknya followers di toko tersebut bisa dijadikan patokan bahwa toko tersebut terpercaya.

Sebenarnya tidak 100% toko yang followers banyak merupakan toko yang tidak percaya, bisa jadi toko tersebut punya banyak followers karena memiliki kualitas produk atau pelayanan yang diberikan toko tersebut memang terjamin dan terpercaya.

Anda juga harus waspada terhadap toko yang memiliki banyak followers, karena saat ini banyak tools yang bertebaran di internet untuk meningkatkan jumlah followers toko di marketplace.

Dan anda juga tidak boleh menyepelekan toko yang masih memiliki followers, bisa jadi toko yang followers rendah memiliki kualitas produk yang lebih bagus dan pelayanan yang terbaik dari pada toko yang followersnya banyak.

2. Lihatlah Reviewnya

Dalam melihat review sebuah produk juga harus anda perhatikan sebelum membeli barang atau produk di toko online. Tidak sedikit toko online di marketplace yang melakukan kecurangan dengan memberikan review bagus demi meningkatkan rating produk yang dijualnya.

Review yang bagus bisa dilihat dari akun yang memberikan ratingnya. Kalau rating bagus, tapi mendapatkan beberapa kali dari akun yang sama bisa jadi toko tersebut melakukan kecurangan.

Tapi perlu anda ketahui, ada sebuah produk yang nilainya bagus tapi beberapa kali mendapatkan rating dari akun yang sama. Itu bisa saja terjadi karena akun yang memberikan rating tersebut memang senang dengan kualitas produk yang dijual oleh toko tersebut dan melakukan pembelian berulang ke toko tersebut.

Atau bisa juga akun yang memberikan rating tersebut adalah dropshipper dari toko tersebut.

Perlu anda perhatikan, bila ada salah satu review produk yang ingin anda beli terdapat rating yang buruk, apa yang harus anda lakukan?

Jika seperti itu perhatikanlah feedback dari penjualnya, apakah ada etikat baiknya atau toko tersebut meminta maaf lalu menerima pengembalian barang.

3. Bacalah Deskripsi Produk

Sebagian besar pembeli online itu malas membaca deskripsi produk, itu sebenarnya adalah kesalahan yang sangat fatal dan bisa berdampak buruk bagi kita sebagai seorang pembeli.

Yang saya lihat di marketplace banyak orang yang kesel, marah karena produk yang diterima tidak sesuai dengan harapan, lalu memberikan rating buruk untuk toko tersebut. Dan penjual cuma bilang, makanya gan/sist baca deskripsi dahulu sebelum membelinya.

Rasanya tuh seakan udah di skakmat oleh penjual, dan seolah-olah diri kita yang bodoh dalam membeli produk.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membaca deskripsi produk di toko online.

Jika deskripsi produk cuma berisi beberapa kata saja, sudah dipastikan bahwa toko tersebut tidak punya niat dalam menjual produknya.

Isi deskripsi panjang tapi pakai bahasa asing, sudah jelas itu toko juga tidak niat. Bisa dipastikan bahwa deskripsi yang dia gunakan adalah hasil copy paste. Sudah jelas ini adalah marketplace indonesia, ya harusnya gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar donk.

Kecuali toko tersebut memang berasal dari luar negeri, kan sekarang sudah banyak toko-toko yang berasal dari luar negeri yang ikut jualan di marketplace indonesia.

Perhatikan berat produk dan juga lokasi pengiriman.

Berat produk dan lokasi pengiriman menjadi patokan harga ongkos kirim yang harus anda bayar. Jangan sampai anda lupakan kedua deskripsi yang ini.

4. Pelayanan Harus Ramah

Saat bertanya ketersedian stock barang ke penjual tapi tidak dibales, anda merasa sebel dan males melanjutkan transaksi ke toko tersebut.

Sebenarnya pertanyaan itu sangat sepele, sudah jelas barang tersebut dipajang ya tentunya tersedia juga donk stoknya. Makanya penjual terkadang malas menanggapi pertanyaan yang seperti itu.

Kalau pun membalas juga paling balasnya singkat dan dijawab cuma "Ready".

Nah, beda halnya dengan anda bertanya sesuatu yang penting tentang produk tersebut tapi tidak dijawab. Sudah jelas kalau toko itu bukan penjual yang terpercaya.

Kalau penjual tersebut menjawab semua pertanyaan anda dengan bahasa yang sopan, baik dan waktu balas chat cepat segeralah anda beli ke toko tersebut. Saya yakin toko tersebut terpercaya dan bisa jadi toko tersebut mempekerjakan orang lain khusus membalas chat saja.

Tapi, setelah mengetahui pelayanan toko tersebut ramah dan baik, anda jangan jadi tipe manusia CLBK (Chat Lama Beli Kagak).

5. Kecepatan Pengiriman

Hal penting yang harus anda perhatikan setelah mengetahui keempat hal di atas adalah kecepatan pengiriman.

Sebuah toko akan dianggap terpercaya jika bisa melakukan pengiriman produk yang dijualnya dengan cepat.

Anda harus perhatikan hal ini: Saat ini semua marketplace bekerja sama dengan jasa pengiriman (logistik). Setiap ada transaksi penjualan maka secara otomatis akan input resi, jadi anda jangan senang dulu jika detail pembelian anda sudah terlihat nomor resinya.

Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa produk yang anda beli sudah berada di tangan kurir pengirim barang.

Contohnya: pengiriman barang dengan nomor resi 342135*** sudah diterima oleh JNE cabang jakarta.

Jika detail transaksi pembelian anda hanya terlihat nomor resi saja dalam 2 hari kerja, sudah dipastikan bahwa toko tersebut memiliki kinerja pengiriman yang lambat.

Setelah anda mengetahui kelima hal penting yang saya sebutkan di atas silakan anda belanja online sepuasnya.

Harapan saya dengan adanya tips belanja online yang saya tuliskan pada kesempatan ini bisa membantu anda dalam melakukan transaksi jual beli online dan tidak mudah tertipu.

Dapatkan Artikel Spesial Terbaru via email:

0 Response to "Tips Belanja Online : Jangan Percaya Followers Banyak Lihatlah Reviewnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel