Cara Membuat Toko Online Sendiri Modal Kecil

Sebagai seorang pelaku bisnis di jaman ini mengharuskan kita untuk memiliki toko online sendiri. Coba anda bayangkan betapa ruginya anda jika bisnis anda tidak mampu menjangkau pasar online, menurut data yang saya temukan dari Internet World Stats ada sekitar 49,6% orang saat ini lebih senang berbelanja online dibandingkan harus pergi ke toko fisik (offline) dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi.

Cara Membuat Toko Online Sendiri Modal Kecil

Yang akan menjadi pertanyaan, maukah anda (pebisnis) mengonlinekan bisnis anda?

Saya yakin 99% pelaku bisnis mengatakan MAU.

Dari 99% ini hanya sebagian kecil saja yang mengerti cara mengonlinekan bisnisnya.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips mengonlinekan bisnis anda dengan cara membuat toko online sendiri dengan modal seminimal mungkin.

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk membuat toko online sendiri.

  1. Menggunakan Platform Blogger
  2. Memakai Template Toko Online
  3. Custom Domain Jadi .COM
  4. Mengaktifkan HTTPS

Menggunakan Platform Blogger


Blogger merupakan salah satu platform untuk menulis blog yang diakuisisi oleh google sejak tahun 2003. Blogger bisa anda gunakan untuk membuat blog tanpa biaya, yang diperlukan hanya akun google saja.

Meski pada awalnya blogger hanya bisa digunakan untuk membuat tulisan (blog) saja, kini setelah mengalami banyak pembaruan blogger juga bisa digunakan untuk membuat toko online.

Cukup dengan menggunakan template toko online maka blog anda di blogger bisa menjadi seperti toko online sungguhan yang keren.

Langsung saja anda buat blog baru di situs blogger.com, sebelum bisa membuat blog baru anda harus login menggunakan akun google.

Cara Membuat Toko Online Sendiri Modal Kecil

* Buat Nama Blog dengan nama toko online anda.

* Buat Nama Domain sesuai dengan nama toko anda.

Contoh : tokosaya.blogspot.com

* Pilih template blog Sederhana (untuk sementara).

Sampai di sini anda baru saja membuat blog baru tapi belum bisa digunakan layaknya toko online sugguhan, masih ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.

Untuk setingan blog, bisa anda sesuaikan sendiri. Jika menemukan kesulitan dalam mengatur setingan blog silakan anda baca juga Cara Setting Blog yang Benar.

Setelah blog anda jadi dan melakukan pengaturan yang diperlukan, Sekarang saatnya anda merubah blog anda menjadi toko online.

Memakai Template Toko Online


Template blog yang berbentuk toko online banyak sekali bertebaran di internet dan bisa anda gunakan tanpa biaya alias gratis.

Saya TIDAK menyarankan anda untuk memakai template gratisan, apalagi ini menyangkut bisnis anda. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam template gratisan itu, bisa saja terselip kode script yang berbahaya untuk blog (toko online) anda.

Saya lebih merekomendasikan agar anda menggunakan template premium yang selalu diperbarui mengikuti algoritma google terbaru.

Template yang anda gunakan wajib mobile friendly dan responsive. Ini bertujuan agar anda tidak kehilangan calon customer yang datang dari lalu lintas mobile.

Template Toko Online yang saya rekomendasikan adalah VIOTOKO buatan Mas Sugeng.

Bukan tanpa alasan saya merekomendasikan template ini, Template VioToko memiliki banyak kelebihan yang akan anda dapatkan jika menggunakan template ini untuk toko online anda.

Template ini sudah dibuat SEO Friendly oleh mas sugeng, jadi anda tidak perlu lagi memusingkan urusan SEO (Search Engine Optimation). Hanya dengan sentuhan sedikit optimasi maka produk anda bisa masuk di halaman google.

Adanya Fitur Artikel di template VIOTOKO akan membuat toko online anda terlihat profesional dan dengan adanya artikel tentu akan memudahkan orang lain untuk menemukan toko online anda melalui mesin pencari.

Masih banyak fitur unggulan lainnya yang akan anda dapatkan jika menggunakan template ini untuk toko online anda.

Silakan anda lihat DEMO-nya dahulu untuk lebih jelasnya.

DEMO

Jika tertarik menggunakan Template VIOTOKO, langsung saja beli di mas sugeng melalui link di bawah ini.

BELI TEMPLATE VIOTOKO

Saya tidak akan menjelaskan cara penggunaan template VioToko, jika anda membeli template ini akan ada panduannya mulai dari cara memasang template hingga cara posting produk dan cara posting artikel. Silakan anda ikuti saja arahan yang diberikan oleh mas sugeng.

Sekarang tampilan blog anda sudah menjadi toko online sungguhan, yang perlu anda lakukan saat ini adalah merubah subdomain blog anda menjadi TLD (Top Level Domain) agar orang lain lebih percaya untuk bertransaksi di toko online anda.

Custom Domain Jadi .COM


Karena kita membuat toko online menggunakan platform blogger maka domain (alamat blog/website) kita masih menggunakan subdomain .blogspot.com, kita perlu merubahnya menjadi TLD.

Top Level Domain yang bisa anda gunakan banyak sekali jenisnya seperti .com, .net, .xyz, .org, .club, .me, .info, dan masih banyak lagi ekstensi domain yang lainnya. Di sini saya menyarankan agar anda menggunakan domain berekstensi .COM

Ini bertujuan agar toko online anda lebih terpercaya dan lebih mudah untuk melakukan branding.

Ada banyak perusahaan penyedia domain di Indonesia yang harganya sangat kompetitif seperti RumahWeb, Domainesia, NiagaHoster, Qwords, IDWebHost, JagoanHosting, IDCloudHost, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau saya sendiri lebih memilih NiagaHoster untuk Blog MataKalong ini. Sejauh ini saya belum merasakan adanya kekurangan dari layanan domain yang mereka sediakan, justru saya merasa sangat nyaman karena team support mereka cepat tanggap dalam mengatasi masalah.

Beberapa website review domain dan hosting pun juga merekomendasikan niagahoster sebagai perusahaan penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia.

Jika anda tertarik menggunakan layanan niagahoster untuk nama domain toko online anda silakan anda beli melalui link di bawah ini.

Beli Domain di NiagaHoster

Setelah anda memiliki nama domain untuk toko online anda, segera lakukan custom domain di blogger agar domain yang sudah anda beli bisa terhubung ke blog (toko online) anda.

Untuk panduan lengkapnya silakan anda baca juga Cara Custom Domain Di Blogger.

Jika domain anda sudah terhubung ke toko online anda, masih ada satu tahapan lagi agar toko online makin terpercaya dan mudah masuk ke halaman depan mesin pencari yaitu aktifkan HTTPS.

Mengaktifkan HTTPS


Inilah enaknya pakai platform blogger, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan alias gratis untuk mengaktifkan fitur keamanan. Cukup dengan beberapa langkah saja anda sudah bisa mengaktifkan HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure).

Pergi ke Setelan Dasar, Lalu pada bagian pengalihan https pilih Ya.

Tunggu beberapa jam sampai proses pengalihan sukses, maka https blog (toko online) anda sudah aktif.

Sampai di sini seharusnya anda sudah memiliki toko online sendiri yang siap untuk anda publikasikan ke (calon) customer anda.

Berikut ini rincian harga yang harus anda keluarkan untuk membuat toko online sendiri

Biaya Pembuatan Toko Online
Beli Template Rp.170.000
Sewa Domain 1 Tahun Rp.125.000
Total Rp.295.000
Catatan : Untuk tahun berikutnya anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa domain saja. Template yang sudah anda beli bisa digunakan selamanya dan gratis update versi terbaru.

Apabila masih menemukan kesulitan, jangan sungkan tanyakan kepada saya dan mari kita selesaikan masalahnya bersama.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam pembuatan toko online sendiri. Selamat mencoba.

Dapatkan Artikel Spesial Terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Toko Online Sendiri Modal Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel